Wujud Ucap Syukur Atas Berkah Alam, Warga Dusun Cemorosewu Magetan Gelar Mondosiyo

Wujud Ucap Syukur Atas Berkah Alam, Warga Dusun Cemorosewu Magetan Gelar Mondosiyo

Magetan, Sebagai rasa syukur warga dusun cemorosewu, desa cemorosewu, kecamatan plaosan Kabupaten Magetan atas berkah keindahan alam, air dan nikmat kehidupan dan juga kirim doa kepada leluhur pendahulu yang babat cemorosewu menggelar tradisi mondosiyo, yang berlokasi di sumber air cemorosewu dan punden boncolono, Selasa (24/01/2023)

Agus kamituwo cemorosewu menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan doa bersama dan ucap syukur kepada Allah secara turun-temurun.

” Tradisi ini kami pertahankan turun temurun. Mulai dari jaman mbah buyut kami, saat itu lingkungan cemorosewu hanya dihuni 4 keluarga, hingga saat ini sudah ada puluhan KK.” Ucap Agus

Mondosiyo kami lakukan dengan bergotong-royong. Setiap keluarga membawa tiga tumpeng komplit sayur, daging ayam dan lauk lainnya. Kemudian saat acara, tumpeng saling ditukar dengan tetangga, dibagi rata dan dimakan bersama.

” Mondosiyo yang di gelar sebagai rasa ucap syukur ini di laksanakan di dua tempat yaitu di sumber air cemorosewu dan punden boncolono Juga bentuk Gotong royong warga dusun cemorosewu, Magetan, Dimana setiap keluarga untuk membawa tiga tumpeng yang berisi sayur, daging ayam dan lauk pauk, yang kemudian di kumpulkan dan dibagi rata untuk di makan bersama-sama,” pungkasnya(Diskominfo / kontrib.ryn / fa2 / IKP1)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image