Upaya Penyediaan Pangan Sehat, Masyarakat Magetan Budayakan Makan Ikan Sejak Dini

Upaya Penyediaan Pangan Sehat, Masyarakat Magetan Budayakan Makan Ikan Sejak Dini.

Guna mengupayakan penyediaan pangan sehat di daerah rawan pangan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur bersinergi dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan untuk mengajak masyarakat Panekan budayakan makan ikan sejak dini.

Budaya makan ikan perlu disosialisasikan dan diupayakan, sehingga nantinya bisa menjadi kebiasaan dalam mengonsumsi ikan. Terutama menciptakan dan meningkatkan pola hidup sehat dan menggerakkan masyarakat khususnya di lingkung keluarga untuk cinta makan ikan.

“Angka konsumsi ikan perkapita di Kabupaten Magetan ini masih rendah, masih dibawah rata-rata 26,56 kg/kapita/tahun. Kabupaten Magetan itu berada di urutan peringkat ke 3 dari bawah. Jadi memang benar-benar harus kita motivasi untuk masyarakat Makan ikan.” Ujar Drh.Nur Haryani, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan saat memberikan sambutan di Pendopo Kecamatan Panekan.

Adanya himbauan yang diberikan pada masyarakat khususnya ibu-ibu untuk mengolah ikan menjadi produk makanan yang disukai anak-anak. Karena adanya kecenderungan anak jaman sekarang lebih suka mengonsumsi produk makanan cepat saji yang ada dipasaran.

Kadin Disnakan Kabupaten Magetan juga menambahkan harapannya kepada masyarakat agar kita bersama-sama dapat mewujudkan generasi di masa mendatang yang berkualitas, sehat, cerdas, dan sejahtera.

Harapan tersebut selaras dengan harapan Camat Panekan Magetan, bahwa perlunya perhatian khusus terutama untuk anak yang baru lahir sampai umur 5 tahun dalam pemenuhan kebutuhan 4 sehat, 5 sempurna.

Dalam sambutannya Dicong Maleleh, S.STP., M.Si, Camat Panekan menyampaikan himbauan kepada masyarakat, “Jangan sampai anak-anak kita, generasi emas nantinya mengalami permasalahan khususnya stunting.”

Gerakan mulai suka makan ikan ini juga membantu pemerintah dalam mengupayakan menurunkan angka stunting yang ada di Indonesia, khusus Magetan. Farida, S. Pd., MM, Koordinator Seksi Akses Pasar Promosi dan Lokasi Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur mengucapakan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini, “Saya berterimakasih kepada Disnakan Kabupaten Magetan, kedepannya bisa dialokasikan lagi kegiatan sosialisasi seperti ini tapi untuk anak-anak sekolah.”

Sosialisasi dan gerakan gemar makan ikan merupakan usaha pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mengurangi stunting dan mencerdaskan warga di Kabupaten Magetan.(Diskominfo / pub.rism / dok.ris / fa2 / IKP1)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image