Vaksinasi Covid19 serentak dimulai Minggu depan

Kementerian dalam negeri Republik Indonesia laksanakan Rapat Koordinasi /Rakor melalui video conference bersama Mendagri Menkes, Kepala BNBP, serta
Gubernur, Bupati, Walikota seluruh Indonesia.

Wakil Bupati Magetan beserta jajaran hadir secara virtual dalam Rakor Dalam rangka kesiapan pelaksanaan vaksinasi Covid19 dan kesiapan penegakan protokol kesehatan, Selasa (5/1/2021) bertempat di Ruang Jamuan Pendapa Surya Graha Magetan.

Rencana pengadaan vaksin dengan jumlah dosis vaksin akan mencukupi hingga Q1 2022, dengan merk vaksin Sinovac, Novavax, Covax/Gavi,AstraZeneca dan Pfizer.

Proses Vaksinasi akan meningkat secara signifikan dalam 5 bulan kedepan dimana peran kepala daerah sangat dibutuhkan untuk kesiapan dan kesuksesan vaksinasi.

Adapun jumlah kebutuhan vaksin sebanyak 181,5 Juta Jiwa dengan prioritas tenaga kesehatan dan pelayanan publik yang akan melakukan vaksinasi pertama.

Dengam rincian vaksinasi periode Januari – April 2021 tenaga kesehatan di 34 Provinsi sejumlah 1,6 Juta
Petugas Publik 17,4 Juta
Lansia 21,5 Juta

Vaksinasi Periode April 2021 -Maret 2022
Masyarakat Rentan di daerah dengan resiko penularan tinggi 63,9 Juta
Masyarakat lain dengan sesuai ketersediaan vaksin 77,1 Juta.

Vaksinasi SDM Kesehatan akan dimulai pada 13 Januari 2021 dengan target sebanyak 1.616.093 SDM Kesehatan dan ditargetkan selesai pada bulan Februari.

Rencana penyuntikan perdana akan dilaksanakan pada 13 Januari 2020 diikuti secara serentak di 34 Provinsi hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan dan partisipasi tenaga kesehatan dan publik dalam program vaksinasi gratis bertahap dengan tiga kelompok yakni pejabat publik pusat dan daerah ( Presiden, Menteri, Gubernur, Panglima Jendral, Kepala Dinas Kesehatan, Sekda Pangdam, Kapolda, dan Direktur Utama RSUD Rujukan Covid-19).
Kelompok 2 Pengurus Profesi Tenaga Kesehatan dan ‘Key Leader’ Kesehatan Daerah.
Kelompok 3 Tokoh Agama Daerah (Perwakilan Nahdlatul ulama, Perwakilan Muhammadyah, Perwakilan Organisasi Kristen, Katolik, Budha dan Hindu.

Dengan 14 Provinsi prioritas dengan kasus konfirmasi Covid19 tertinggi nya, DKI Jakarta , Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Riau, Sumatera Barat, Banten, DIY, Sumatera Utara,Bali, Kalimantan Selatan, dan Papua.
Pengiriman Vaksin dilakukan oleh Fasilitas Kesehatan, Petugas Vaksinator, dan Logistik Biofarma secara serentak pada tanggal 3dan 4 Januari ke seluruh Provinsi.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image