Paling Jempol, Inovasi Dispendukcapil Magetan soal Layanan Kependudukan

MAGETAN – Ini terobosan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkab Magetan di bidang layanan kependudukan. Inovasi tersebut dinamai program Paling Jempol atau singkatan dari Perekaman Keliling Jemput Bola KTP Elektronik.

“Inovasi jemput bola ini untuk memudahkan masyarakat Magetan memperoleh dokumen kependudukan atau KTP,” kata Dispendukcapil Pemkab Magetan, Hermawan, Rabu (1/12/2021).

Layanan Paling Jempol Dispendukcapil tersebut, sebelumnya, elah menyasar kaum Lansia dan disabilitas di tingkat desa. Respon masyarakat ternyata antusias.

“Melalui program Paling Jempol ini, kami dari Dispendukcapil terus melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Magetan,” terang Hermawan.

Saat ini, program Paling Jempol Dispendukcapil menyasar penduduk pemula atau pelajar yang telah memasuki usia 17 tahun. Seperti perekaman KTP elektronik yang digelar di SMK Negeri 2 Magetan pada Senin (29/11/2021).

“Kalau sebelumnya untuk lansia, penyandang disabilitas, sudah berjalan di desa dan kelurahan. Sekarang, Dispendukcapil menyasar penduduk pemula atau baru berusia 17 tahun,” tutur Hermawan.

Disebutkan, sistem pelayanan Paling Jempol dari Dispendukcapil ini sejatinya sudah berjalan lama. Namun, sempat terhenti karena adanya aturan PPKM di masa pandemi Covid-19.

“Dalam dua tahun terakhir ini kan pandemi, jadi kami tidak bisa melaksanakan jemput bola. Setelah ada pelonggaran tentang PPKM, kami langsung jemput bola kembali,” papar Hermawan.

Melalui inovasi Paling Jempol ini, penduduk wajib KTP pemula hingga masyarakat di daerah pelosok pun dapat dengan mudah dan cepat mengurus administrasi kependudukannya.

Hal Ini karena pelayanan dapat dilakukan di daerah setempat atau lokasi yang telah ditentukan tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor Dispendukcapil atau kecamatan untuk perekaman KTP elektronik (E-KTP). atau kecamatan untuk perekaman KTP elektronik (E-KTP).(Diskominfo/kontrib.rif/fa2/IKP1)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image