Menkeu Optimis 2021 Pengelolaan Keuangan Negara Lebih Baik Dalam Hadapi situasi Covid-19

Sobatkom

Pemerintah Kabupaten Magetan Ikuti Rakernas Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 Melalui Virtual. Rakernas  kali kedua tahun 2021 dilakukan secara daring karena masih berada dalam masa pandemi Covid-19 bertema ‘Bangkitkan Ekonomi Pulihkan Negeri Bersama Hadapi Pandemi’.

Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti didampingi Inspektorat dan perwakilan  BPKAD Magetan  mengikuti Rakernas  melalui video teleconference di ruang rapat Pendapa Suryagraha Magetan, Selasa (14/09).

Agenda puncak Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 kali ini adalah penyampaian Keynote Speech oleh Ibu Menteri Keuangan, Pemberian Penghargaan WTP kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang berhasil meraih WTP 15x Berturut-Turut, 10x Berturut-Turut, 5x Berturut-turut dan Penghargaan WTP tahun 2020 serta  launching buku Mengawal Akuntabilitas Penanganan Covid-19 Dan Pemulihan Ekonomi Nasional Tahun 2020.

Kabupaten Magetan sendiri berhasil mempertahankan  WTP 5  kali berturut-turut.

Rakor dibuka oleh Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI DR. Andin Hadiyanto, M.A menyampaikan laporan rangkaian kegiatan Rakernas Akutansi meliputi  lomba cerdas cermat online,lomba menulis hingga lomba tiktok yang menyedot animo masyarakat kalangan umum dan ASN, serta acara Coaching clinic hingga Rakernas  secara daring.

Adapun arahan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat Rakernas  “ Mengacu pada UU No 2 tahun 2020,  menjadi landasan legal penangan pandemi covid19 bagi instrument keuangan negara untuk lindungi masyarakat dari ancaman covid-19, krisis sosial ekonomi dan keuangan.”

“Mengahadapi pandemi banyak lembaga yang anggarannya mengalami refocusing , adapula  kementrian ataupun lembaga yang tiba-tiba mendapatkan anggaran besar, untuk menjadi garda terdepan menghadapi covid-19. Anggaran digunakan dari sisi kesehatan,sosial dan ekonomi, anggaran diharapkan responsif bergerak secara fleksibel, karena  covid bukan tantangan statis dimana muncul varian covid Alpa Delta hingga MU.

Menkeu  optimis pengelolaan keuangan Tahun 2021 lebih baik, mendampingi program vaksin yang terus dilaksanakan, APBN dan APBD jadi motor penggerak dalam Instrumen keuangan negara untuk memulihkan ekonomi Republik Indonesia. Acara Rakernas ini diikuti oleh Menteri Kabinet Indonesia Maju, Badan Pemeriksa Keuangan RI, Gubernur, Walikota, Bupati seluruh Indonesia (Diskominfo/pb.ay/dok.ay/fa2)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image