Jaga Data Pribadimu

#SobatKom

Kementrian Kominfo lakukan investigasi mendalam terkait bocornya  data pribadi penduduk Indonesia yang terjadi baru-baru ini.

Berbagai langkah antisipatif  telah dilakukan, diantaranya  dengan dilakukan pemblokiran  pada Raid Forums yang teridentifikasi sebagai forum yang banyak menyebarkan konten melanggar perundang-undangan di Indonesia, dan  akun bernama Kotz  serta tautan untuk mengunduh data pribadi, yakni tautan data di bayfiles.com, mega.nz, dan anonfiles.com .

Sebelumnya Kominfo menemukan bahwa sampel data diduga kuat identik dengan data BPJS Kesehatan. Hal tersebut didasarkan pada data Noka (Nomor Kartu), Kode Kantor, Data Keluarga/Data Tanggungan, dan status Pembayaran yang identik dengan data BPJS Kesehatan.

Disisi lain, Kominfo bekerjasama dengan  Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melakukan investigasi lebih mendalam bersama dengan BPJS Kesehatan guna memastikan dan menguji ulang data pribadi yang diduga bocor.  Langkah-langkah pengamanan data akan dilakukan oleh BPJS untuk memitigasi risiko kebocoran data pribadi yang lebih luas.

Sobat Kom pentingnya menjaga dan melindungi data pribadi dengan tidak  membagikan data pribadi kepada pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

Sobat juga  wajib memperbarui password pada akun-akun elektronik yang dimiliki  serta secara berkala , dan pastikan sistem keamanan perangkat yang digunakan selalu up to date. Jangan lupa untuk selalu membaca cermat syarat dan ketentuan layanan yang digunakan. (Diskominfo/pb.ay/tos)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image