Evaluasi pemerintah sebagai tindak lanjut perbaikan jembatan yang rusak akibat banjir

Intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa minggu terakhir ini mengakibatkan beberapa jembatan penghubung antar desa di Magetan mengalami kerusakan akibat diterjang banjir. Mulai dari terkikisnya sebagian pondasi jembatan, jembatan yang longsor sampai putusnya jembatan utama penghubung antar desa.

Bupati Magetan didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Magetan meninjau jembatan yang rusak akibat diterjang banjir. Jembatan yang menjadi perhatian kali ini di Jl. Purubaya Kebaran kec. Magetan, Dusun Sumbertowo Kec. Karas dan Jembatan Ngunut Kec. Kawedanan, Kamis (1/4/2021).

Bupati Magetan Suprawoto menyampaikan untuk kasus longsor di Jl. Purubaya Kebaran hal tersebut disebabkan karena derasnya aliran air dari area  perumahan. Diharapkan untuk selanjutnya masing-masing perumahan membuat sumur resapan air guna meminimalisir air yang menuju sungai di area tersebut. “Untuk kedepannya saya sudah menyampaikan pada Dinas PUPR dan Dinas Perkim saat ada yang mengajukan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) harus ada sumur resapan” terangnya.

Kepala Dinas PUPR Magetan Muhtar Wakid menyampaikan untuk peninjauan jembatan pertama di Jl. Purubaya Kebaran merupakan bencana pertama longsor pada bulan Desember 2020 kemudian tanggal 16 Maret 2021 jembatan tersebut kembali longsor. Kemudian untuk jembatan Dusun Sumbertowo Kec. Karas akan dikerjakan dengan bantuan keuangan desa, Pemerintah Magetan melalui dinas PUPR juga akan siap membantu untuk mensuport teknisnya.

Selanjutnya jembatan Ngunut Kec. Kawedanan saat ini fisiknya sudah 85% proses pengerjaan. Dikarenakan jembatan ini merupakan jalur utama oleh sebab itu menjadi prioritas pembangunannya. “Fokus utama kami kerahkan tenaga pengerjaan di jembatan ini yang merupakan prioritas, dalam waktu 2 hari kedepan jembatan sudah bisa dilewati untuk pengendara roda 2 maupun roda 4 “ terang Muhtar.(Diskominfo: pb.wan/dok.yus)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image