“Berkenalan Dengan Keluarga Teladan Jatim 2021”

#Sobatkom,Prestasi emas kembali berhasil ditorehkan oleh kabupaten kita tercinta. Adalah keluarga Markuat dan Purwanti asal desa Kenongomulyo Nguntoronadi terpilih menjadi juara 1 Keluarga Teladan Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Penasaran kan kira-kira seperti apa profil keluarga mereka? Yuk kita simak liputan berikut.

Hari Keluarga 2021 menyisakan kenangan indah bagi Keluarga Markuat ,bagaimana tidak melalui lomba ini keluarga tersebut akhirnya terpilih sebagai wakil Magetan dan dipropinsi menjadi Juara Utama, keluarga yang terdiri dari 4 anggota keluarga ini, yakni  suami  (Markuwat),istri ( Purwanti) serta dua orang anak (Asna

Istya Marwantika dan Sherli Aulia Marwantika) memang terlihat sangat harmonis dikesehariannya. Mereka telah mengarungi biduk rumah tangga 32 tahun hingga saat ini.

Banyak aktivitas keluarga teladan yang dihabiskan oleh keluarga  ini dimulai dari pola pengasuhan, memberikan cinta dan kasih sayang, memberikan

perlindungan atau proteksi maupun memberikan edukasi terhadap anak, semua fungsi keluarga telah  dilakukan dengan baik oleh keluarga ini.

Purwanti saat diwawancarai,Jumat (02/07) menceritakan  bahwa dalam mewujudkan keluarga teladan  dimulai dari hal kecil terlebih dahulu yakni mulai dari membiasakan hidup bersih, lingkungan yg sehat dan lain sebagainya, serta selalu konsisten menjalankan 8 fungsi keluarga.

Dimulai dari fungsi keagamaan dengan pembiasaan sholat berjamaah, sholat dhuha, mengaji.

Selanjutnya fungsi sosial budaya, mencoba mengajarkan dan membiasakan pada anggota keluarga untuk  hidup gotong royong bersama masyarakat, serta mengajarkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

Disisi lain mereka juga berusaha memberi contoh yg baik terhadap masyarakat, seperti mengikuti yasinan rutin, pengajian, selalu mendukung program pemerintah, seperti mengikuti program kb, penyuluhan kesehatan .

“Pun dimasa situasi pandemi ini, keluarga kami juga berusaha menjadi pelopor terhadap masyarakat, bagaimana menerapkan prokes yang benar, memberikan penyuluhan hidup sehat sehingga terhindar dari covid 19”, tutup istri Markuat tersebut.

Di tempat lain saat ditemui di ruang kerjanya Achmad salim Kabid  Ketahanan Kesejahteraan Keluarga Dinas PPPKB Magetan mengaku bangga dan sangat mengapresiasi keluarga ini.  Salim kemudian berpesan agar keluarga Markuat tetap mempertahankan dan meningkatkan penerapan 8 fungsi keluarga,  Pun pada kondisi covid19 saat ini, sebagai tokoh masyarakat keluarga teladan  bisa memberikan contoh prokes baik ke lingkungan sekitar, Rabu (30/06).

Adanya event keluarga teladan ini nantinya dapat menjadi contoh serta menjadi motivasi bagi keluarga lain untuk senantiasa menerapkan 8

(delapan) fungsi keluarga, yakni fungsi keagamaan, sosial budaya,cinta kasih, perlindungan,reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi serta pembinaan lingkungan, disisi lain  juga turut mengikuti program yang telah dicanangkan oleh BKKBN demi terwujudnya keluarga yang damai, harmonis dan sejahtera.

(diskominfo/ay/fa2)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image