Ketua DPRD Kabupaten Magetan Pimpin Upacara Hari Santri Tahun 2024

SobatKom..

Ketua DPRD Kabupaten Magetan , Suratno memimpin upacara peringatan Hari Santri Tahun 2024 di alun-alun Kabupaten Magetan, Selasa (22/10).

Tema Hari Santri tahun 2024 kali ini adalah “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”, adapun kilas balik di canangkan hari santri nasional, merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia khususnya kaum santri dimana delapan tahun yang lalu Presiden RI telah menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Hal ini patut kita syukuri sebagai wujud pengakuan negara atas eksistensi dan peran penting kaum santri terhadap negeri ini dan bukan sekedar selebrasi, tapi menjadi pintu masuk untuk menulis ulang sejarah dan peradaban bangsa ini.

22 Oktober merupakan momentum ketika Kyai Hasim Asyari mengeluarkan fatwa ”Resolusi Jihad”, itulah yang mendorong ribuan pemuda dan santri bertempur habis-habisan mempertahankan NKRI di berbagai daerah terutama pertempuran surabaya 10 November 1945.

Dalam pidatonya Ketua DPRD Kabupaten Magetan, Suratno membacakan naskah sambutan Menteri Agama Republik Indonesia yang menekankan pada semangat tercermin dari peristiwa “Resolusi Jihad” tersebut.

“Maka kepada para santri saya berpesan, Rengkuhlah masa depan dengan semangat dan ketekunan. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Teruslah berinovasi dan berkontribusi untuk meraih kegemilangan masa depan Indonesia,” tuturnya.

Upacara ini dihadiri oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Magetan, Kapolres, Kajari, Komandan Kodim 0804, Komandan Secata, Kepala OPD, Lurah, Santri serta berbagai elemen masyarakat dan pelajar, menciptakan suasana khidmat dan penuh semangat.

Rangkaian upacara ditutup dengan penampilan paduan suara Fatayat NU Kabupaten Magetan serta pertunjukan drumband Sua Buana Matsanema dari siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Magetan.(Diskominfo:ay / fa2 / IKP1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *