Malam Puncak Gelar Batik Magetan Meriahkan Hari Batik Nasional 2024

Malam puncak Gelar Batik Magetan berlangsung meriah pada Rabu, (2/10) di Rumah Promosi Kabupaten Magetan. Acara ini diselenggarakan oleh Paguyuban Batik Magetan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional.

Acara yang dihadiri oleh berbagai kalangan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap batik, khususnya di kalangan generasi muda. “Dengan adanya acara seperti ini, kami berharap batik Magetan terus berkembang sesuai dengan potensi dan kultur lokal yang ada,” ujar Ketua Paguyuban Batik Magetan, Anggi Putra dalam sambutannya.

Salah satu kegiatan utama adalah lomba desain batik yang diikuti oleh siswa SMP dan SMA sederajat, serta lomba mewarnai di talenan untuk siswa SD sederajat. Lomba ini berhasil menarik partisipasi lebih dari 100 peserta. Tujuan lomba desain batik adalah untuk mendorong regenerasi desainer batik di Magetan, agar kekayaan motif batik daerah ini tetap lestari dan inovatif.

Pameran batik juga menjadi bagian dari acara ini, menampilkan 200 jenis motif dari 64 pembatik yang terdaftar di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan. Pameran ini memperlihatkan beragam keindahan motif batik khas Magetan yang diharapkan semakin dikenal secara nasional.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Magetan, Joko Triyono dalam sambutannya, menekankan pentingnya batik sebagai warisan budaya Indonesia yang telah diakui UNESCO. “Batik adalah citra positif bangsa di mata dunia. Kegiatan ini merupakan wujud kebanggaan kita bersama dan upaya untuk melestarikan serta mengembangkan potensi batik lokal,” Ujarnya.

Setelah melalui berbagai tahap penilaian dewan juri menetapkan pemenang lomba – lomba sebagai berikut:

PEMENANG LOMBA MEWARNAI TINGKAT SD/MI/SEDERAJAT

Juara 1 – Shafiyya Afhinatul (SDIT Al Uswah Barat)

Juara 2 – Joaquin Louise Husna (SDK Santa Maria Magetan)

Juara 3 -Purry Azkadina (MI Nurul Huda)

Harapan 1 – Queensha Aisyah Nabighah (ADIT Ar Rohmah)

Harapan 2 – Anita Juniawati (SDN Grobogan 2)

Harapan 3 – Oky Aulia Siwi Hastanti (SDN Milangsari 1)

diskominfomagetan’s profile picture

PEMENANG LOMBA DESAIN MOTIF BATIK TINGKAT SMP/SEDERAJAT

Juara 1 – Az Zahra Fathikatul Kamila (SMPN 1 Ngariboyo)

Juara 2 – Vania Meinanda Renata (SMPN 1 Magetan)

Juara 3 – Callista Everly Ananta (SMP Negeri 1 Kawedanan)

PEMENANG LOMBA DESAIN BATIK TINGKAT SMA/SEDERAJAT

Juara 1 – Rieno Bagas Putra (SMA Negeri 1 Magetan)

Juara 2 – Salma Etiey Nasya Azahro (SMA Negeri 1 Kawedanan)

Juara 3 – Fitriani Nurjannah (MAN 1 Magetan)

Beliau juga mengajak seluruh masyarakat dan pelaku usaha batik untuk bersinergi dalam memajukan batik Magetan. “Dengan kekuatan panjenengan semua serta kebijakan-kebijakan yang mendukung, kita akan mengangkat kejayaan Kabupaten Magetan melalui batik,” tambahnya.

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap batik, khususnya batik Magetan, dan menjadikannya lebih dikenal di tingkat nasional.(Diskominfo:may / fa2 / IKP1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *