Tradisi Pemkab Magetan, Ziarah 7 Makam Leluhur Jelang Hari Jadi ke-349

Sebagai salah satu rangkaian kegiatan hari jadi ke-349 tahun 2024, ziarah 7 makam leluhur merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakam oleh Pemerintah Kabupaten Magetan setiap tahunnya.

Pj Bupati Magetan bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Magetan melaksanakan ziarah ketujuh makam leluhur secara bersama-sama.

Adapun makam pertama yang dikunjungi oleh rombongan, yakni Makam Ki Ageng Mageti. Diyakini Ki Ageng Mageti merupakan sosok pembabat hutan yang menjadi cikal bakal berdirinya Kabupaten Magetan.

Setelah dari makam Ki Mageti, rombongan melakukan ziarah ke makam Astono Gedong yang terletak di Kelurahan Tambran. Di makam tersebut disemayamkan Bupati Pertama Kabupaten Magetan, yakni Adipati Yosonegoro yang sebelum diwisuda bernama asli Basah Bibit Gondokusumo.

Berikutnya, dari Makam Sentono Gedong rombongan melanjutkan ziarah ke Makam Sentono Bulu. Di sana disemayamkan jenazah Patih Nrang Kusumo, patih Sultan Amangkurat I yang juga merupakan Putra Gusti Susuhunan Giri IV.

Selesai berziarah di Makam Sentono Bulu, rombongan menuju ke Makam Ngrancang Kencono Gunung Bancak. Di sana, disemayamkan jenazah Gusti Putri Maduretno bersama suaminya Raden Ronggo Prawirodidjo III.

Dari Gunung Bancak, rombongan bertolak menuju Makam Sasono Mulyo yang terletak di Sawahan Kelurahan Kepolorejo. Di sana terdapat 5 makam leluhur Kabupaten Magetan yakni, Raden Mas Aryo Kertonegoro Bupati ke-9, Raden Mas Aryo Adipati Surodiningrat Bupati ke-10, Raden Mas Aryo Kerto Hadi Negoro Bupati ke-11, Raden Mas Aryo Hadiwinoto Bupati ke-12, dan Raden Mas Tumenggung Suryo Bupati ke-13.

Makam berikutnya yakni Makam Desa Pacalan Kecamatan Plaosan. Di sana terdapat makam Ki Ageng Kembang Sore dan Kyai Adipati Purwodiningrat. Kyai Adipati Purwodiningrat atau Tumenggung Sosro Winoto merupakan Bupati ke-6 yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Bupati Pasuruan dan Bupati Kertosono.

Terakhir, rombongan melakukan ziarah ke Makam Ronggo Galih di Desa Durenan Kecamatan Sidorejo. Diketahui, Ronggo Galih merupakan Bupati ke-2 yang pernah memimpin Magetan selama 6 tahun.Tak hanya berziarah, Pj Bupati beserta jajaran Forkopimda juga menyerahkan bantuan sembako serta tali asih kepada masing-masing juru kunci makam leluhur Kabupaten Magetan.(Diskominfo:wan / fa2 / IKP1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *