Lewat Jalan Santai, Desa Terung Terus Promosikan Potensi Tempe Terung di Festival Tempe Merti Bumi

Festival Tempe Merti Bumi berlanjut lagi, rangkaian acara dimana sebelumnya sudah digelar seperti malam tirakatan, kesenian reog, pentas seni, kirab karnaval, karawitan, drum band dan campur sari, pagi ini dilanjut dengan senam sehat dan jalan santai. Lapangan Terung, Minggu (4/8/24).

Animo masyarakat Desa Terung untuk mengikuti kegiatan ini tinggi, apalagi dengan ditambah hadiah utama 2 ekor kambing etawa. Diawali dengan senam bersama, peserta kemudian diberangkatkan secara langsung oleh Pj. Bupati Magetan Hergunadi.

Suwarno, Kepala Desa terung saat diwawancarai reporter LPPL Radio Magetan Indah menjelaskan, “Untuk nguri-nguri budaya leluhur, desa Terung selenggarakan Merti Bumi, selain budaya juga ada peningkatan UMKM dan kesehatan, juga untuk peringatan 17 Agustus,” ungkapnya.

Untuk festival tempe terung Suwarno kemudian menceritakan, “Turun temuran warga Terung mengolah tempe, bahkan untuk saat ini sudah dikembangkan menjadi variasi nungget. Harapan kedepan agar tempe terung bisa meningkat, melalui pemberdayaan dan edukasi kepada masyarakat agar kelak tempe terung semakin jaya,” harapnya.

Pj Bupati sesaat setelah memberangkatkan peserta menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada warga desa Terung, “Terima kasih kepada pemdes Terung dan masyarakatnya yang telah bersedia nguri-uri budaya serta memfestivalkan tempe Terung,” ucapnya.

“Karena tempe terung tidak bisa digantikan oleh tempe yang lain, utamanya bagi yang pernah merasakan, terbukti warga Magetan yang berada diluar Magetan banyak yang minta untuk dikirimi tempe terung. Bagi yang belum merasakan enak dan nikmatnya tempe terung bisa merasakan dan membandingkannya dengan tempe-tempe lainnya,” lanjut Hergunadi.

Pj. Bupati menyatakan, “Pemdes berkolaborasi dengan pemda untuk membesarkan tempe supaya bisa jadi icon desa Terung, nanti kampung tempe terung akan menjadi jujukan, menjadi identik jika ke Magetan mencari tempe ya tempe terung, melalui Indag pemda mensuport pengembangan tempe terung.

Namun harapan dari generasi muda Terung agar lebih bersemangat dan inovetif didalam mengembangkan potensi tempe didesa Terung serta kreatif dalam memasarkan memperkenalkan melalui medsos.” pungkasnya.(Diskominfo / fa2 / IKP1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *