Olah Limbah Tinja, DPUPR Magetan Bangun IPLT

Untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan lingkungan, Dinas PUPR Magetan bangun Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) yang berada di Desa Milangasri kecamatan Panekan.

Bangunan dengan arsitek pagar mirip tembok jaman Majapahit ini, dihiasi taman dan lampu hias yang estetik terlihat indah. Taman tertata rapi lengkap dengan bunga,pepohonan dan air mancur, terlihat asri dan jauh dari kesan jorok, bau atau menjijikkan.

Muhtar Wahid ST, MT., Kepala Dinas PUPR menjelaskan “IPLT ini merupakan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja yang merupakan tempat pengolahan dari buangan mobil tangki tinja yang melayani wilayah Sarangan dan Magetan Kota, dengan kapasitas 10 meter kubik perhari, IPLT dibangun dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan yang sehat.dan berkualitas,” ungkapnya.

“Dengan IPLT ini limbah Tinja akan mengalami proses pengolahan dimulai dari unit SSC (Solid Separation Chamber), ABR (Anerob Buffer Reactor), Kolam Fakultatif bertujuan untuk menurunkan BOD, COD dan bakteri Coli, selanjutnya air mengalir ke Kolam Maturasi, kolam Wetland dan terakhir di masukkan di kolam desinfectan sampai akhirnya dihasilkan air yang ramah lingkungan,” terang Muhtar.

Hasil akhir dari proses ini akan dihasilkan air yang aman bagi lingkungan (efluent) serta dihasilkan pupuk organik.

IPLT merupakan salah satu upaya terencana untuk meningkatkan pengolahan dan pembuangan limbah yang akrab lingkungan. Pengolahan lumpur tinja di IPLT merupakan proses pengolahan lanjutan, hal ini dikarenakan lumpur tinja yang yang telah diolah di tangki septik, belum layak alirkan ke media lingkungan.(Diskominfo / kontrib.bst / fa2 / IKP1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *