Bulan Timbang di Masa Covid19 Kabupaten Magetan

Magetan- Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan gelar Pertemuan koordinasi dalam rangka pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Magetan, sebagai persiapan bulan timbang Agustus 2020.

Bertempat di Ruang Husada Dua Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan,Tim Gugus Tugas, Ketua TP PKK, OPD lintas sektor serta Kepala puskesmas Taji, Senin (10/8/2020).

Kepala Dinas Kesehatan
dr.Hari Widodo menyebutkan pentingnya imunisasi dan pelaksanaan bulan timbang,
salah satunya stunting sebagai program prioritas nasional, di Magetan angka stunting masih dibawah rata-rata nasional dan masih di bawah Jatim.

Kabid Kesmas Ir Hananta Prakosa, MPH, Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan menyatakan merasa khawatir pada angka stunting Kabupaten Magetan di masa pandemi Covid19 ini akan meningkat karena roda perekonomian macet yang juga pasti berdampak pada kesehatan keluarga terdampak, maka penting sekali bulan timbang tersebut untuk mengetahui status gizi masyarakat .

Dr. Elisa Kasi Kesga dan Gizi memaparkan Pelaksanaan bulan timbang Agustus 2020 diharuskan sesuai dengan protokol kesehatan, dimana posyandu hanya bisa dibuka di zona hijau, sedangkan zona orange dan zona merah tidak buka posyandu melainkan dengan kunjungan rumah (KR) tetap dengan protokol kesehatan, KR tersebut diperuntukkan bagi bayi dengan status gizi BB/U dengan kategori sangat kurang yang dilihat dari aplikasi EPPGBM dari pengukuran bulan feb 2020.

Fokus pelaksanaan bulan timbang Agustus 2020 dimasa pandemi Covid diantaranya,
pemantauan berat badan, ukur panjang / tinggi badan, pembrian VIT A, imunisasi, dengan pelaksanaan sehari 20 balita dilayani dengan dengan per sesi 10 balita. (Ay)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *