Magetan Arsip Festival 2019

Magetan-Pembukaan Pameran Kearsipan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan dilaksanakan pada, Rabu (18/12/2019) bertempat di Gedung Kesenian Tripandita Magetan.

Bertema ‘Magetan Arsip Festival’ pameran sebagai upaya mempromosikan dan memasyarakatkan arsip serta mengenalkan khasanah arsip pada masyarakat.

Bupati Magetan Dr.Drs. Suprawoto.SH.M.Si menjelaskan sebagai pameran arsip yang pertama kali di Kabupaten Magetan pameran arsip tersebut sebagai pemantik, menyadarkan untuk mencintai arsip, Bupati Suprawoto juga berpesan untuk mencintai arsip, menyimpan arsip pribadi dan arsip kantor. Disamping mengingatkan pada camat dan lurah untuk menulis sejarah kelurahan dan kecamatan yang diharapkan dapat menjadi koleksi sejarah untuk Kabupaten Magetan. Serta keuntungan orang yang menulis adalah memonopoli kebenaran dan mari menulis. Realitas masyarakat adalah koran dan koran adalah sejarah serta mari membaca koran.

Kepala Monumem Pers Nasional Surakarta, Widodo Hastjaryo menambahkan betapa pentingnya arsip itu bagi kehidupan mulai dari lahir ada akta kelahiran hingga surat kematian, serta menjelaskan cikal bakal Monumen Pers Nasional sebagai tempat lahirnya PWI, sebagai referensi utama bagi sejarah pers untuk dunia jurnalis dan dunia riset.

Disela acara Bupati Magetan juga memberikan hadiah Lomba Tertib Arsip Desa/Kelurahan Tahun 2019
Daftar Pemenang :
Juara 1 Ds Kembangan Sukomoro
Juara 2 Ds. Ringinagung Magetan
Juara 3 Ds. Ngliliran Panekan
Juara Harapan 1 Ds. Maron Karangrejo, Juara Harapan 2 Ds.Gambiran Maospati, Juara Harapan 3 Ds. Sayutan Parang

Adapun kegiatan Magetan Arsip Festival berupa Pameran Arsip, Koran dan Seni Rupa, Workshop Preservasi Arsip Vital, Talkshow History Kulit dan Batik serta pertunjukkan Akustik. 
Pameran dibuka gratis untuk umum 18-19 Desember 2019 mulai pukul 09.00 WIB- 21.00 WIB.

  • Magetan Arsip Festival 2019
  • Magetan Arsip Festival 2019
  • Magetan Arsip Festival 2019
  • Magetan Arsip Festival 2019

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *