Harga BBM Naik, Pemkab Magetan Siapkan Strategi Antisipasi Dampak Kenaikan

Harga BBM Naik, Pemkab Magetan Siapkan Strategi Antisipasi Dampak Kenaikan

Kanaikan harga bahan bakar minyak (BBM) memicu dampak inflasi atau kenaikan harga kebutuhan pokok. Hal ini berimplikasi pada daya beli masyarakat menurun dan kemiskinan meningkat.

Dengan adanya kenaikan BBM pemerintah telah mengeluarkan beberapa aturan antara lain PMK nomor 134/PMK.07/2022 tentang belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi dan surat edaran menteri dalam negeri nomor 500/4825/SJ tentang penggunaan belanja tidak terduga dalam rangka pengendalian inflasi daerah.

Menyikapi hal tersebut Pemerintah Kabupaten Magetan siapkan strategi antisipasi dampak kenaikan BBM melalui beberapa rencana program dan kegiatan. Adapun rencana program yang akan dilaksanakan di antaranya adalah menciptakan lapangan kerja melalui padat karya dengan tujuan agar masyarakat tetap mendapat pendapatan keluarga sehingga mempunyai ketahanan ekonomi dampak kenaikan BBM.

Lebih lanjut Pemkab Magetan juga berencana melakukan penyesuaian kebijakan tarif angkutan umum bersama organda, melaksanakan kegiatan pemantauan stok dan harga barang kebutuhan pokok di lapangan, dan mengadakan pasar murah bersubsidi bagi masyarakat yang kurang mampu.

Strategi antisipasi dampak kenaikan BBM tersebut dikatakan oleh Bupati Suprawoto pada saat rapat paripurna DPRD Kabupaten Magetan, acara jawaban Bupati terhadap pemandangan umum fraksi DPRD tentang rancangan peraturan daerah perubahan APBD tahun anggaran 2022 pada Sabtu (10/09).

Mendukung keberlangsungan rencana program tersebut, Sujatno Ketua DPRD Kabupaten Magetan mengatakan, “akan ada peningkatan anggaran untuk bansos antisipasi kenaikan BBM dan belanja modal dalam rangka menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga itu harus kita dorong karena itu semata-mata untuk kepentingan masyarakat Magetan,” terangnya usai acara.

Bertempat di ruang rapat DPRD Kabupaten Magetan, acara tersebut turut dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Magetan, segenap jajaran Forkopimda, segenap Anggota DPRD, Kepala OPD terkait, beserta tamu undangan lainnya.(Diskomifo:nin/fa2/IKP1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *