Puluhan Lansia Desa Janggan Semangat Ikuti Sekolah Lansia Tangguh

Puluhan Lansia Desa Janggan Semangat Ikuti Sekolah Lansia Tangguh

Mengunjungi Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) di Desa Janggan Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan, puluhan warga lanjut usia (lansia) desa di lereng Gunung Lawu itu, tampak bersemangat.

Terlebih, mereka kelak akan diwisuda oleh Bupati Magetan, Suprawoto di Pendapa Surya Graha. Prosesi wisuda juga menggunakan toga dan jubah.

“Ada 12 x pertemuan. Program Selantang ini akan berakhir enam bulan mendatang. Kami menyambut baik program ini, karena manfaatnya bisa dirasakan masyarakat lanjut usia di Janggan,” kata Kades Janggan, Hariyadi, Kamis (8/9/2022).

Seperti dirasakan Mbah Kaminem yang rumahnya dijadikan lokasi program Selantang. Nenek 70 tahun itu rumahnya 17 tahun digunakan lokasi Posyandu Lansia. “Awalnya nggih kaget mas. Wes tuwek kok dikon sekolah maneh. Tapi, akhirnya paham apa itu Sekolah Lansia Tangguh,” ujar ujar Mbah Kaminem.

Program Selantang ini, di bawah binaan DPPKB & PA Pemkab Magetan. Itu melalui program Bina Keluarga Lansia (BKL). Seperti saat pembinaan oleh Balai Penyuluh KB Poncol dan Puskesmas setempat.

Koordinator Penyuluh KB Poncol, Margono dan Penyuluh KB, Ervan Yoga Nuswantara, menjelaskan apa itu Sekolah Lansia Tangguh. Di mana, salah satu tujuan sekolah agar Lansia menjadi Smart atau sehat, mandiri, produktif dan terampil. Serta materi pelajarannya berintikan tentang tujuh dimensi lansia tangguh.

“Yang penting mbah kung dan mbah uti mboten perlu bingung. Di sekolah lansia nanti ada pendidikan kesehatan dari Puskesmas, pendidikan keagamaan dari KUA dan lain sebagainya,” ungkap Margono.(Diskominfo / kontrib.rif / fa2 / IKP1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *