Beda Rupiah Emisi Lama dengan Emisi 2022

Beda Rupiah Emisi Lama dengan Emisi 2022.

SobatKom, berangkat dari amanat undang-undang bahwa rupiah adalah salah satu simbol negara, maka ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan pada uang rupiah edisi 2022, seperti peningkatan dari segi kualitas. Hal ini diperlukan guna meningkatkan keamanan, kepercayaan, dan reputasinya di mata Internasional.

Meski uang rupiah baru sudah diterbitkan namun, uang emisi lama masih berlaku di masyarakat. Diperkirakan uang rupiah emisi lama akan tergantikan oleh uang rupiah baru dalam jangka waktu 3 sampai 4 tahun ke depan. Hal ini akan terjadi secara natural atau berangsur.

Adapun kelebihan dari uang rupiah baru yang memanfaatkan teknologi digital. Saat diterawang maka uang rupiah kertas baru akan menunjukkan angka nominal pada uang tersebut, namun tidak menyertakan angka 0 yang menunjukkan ribuan. Contohnya pada pecahan 5.000, jika diterawang akan terlihat angka 5, apabila 100.000 maka akan terlihat angka 100, dikarenakan ruang terlalu kecil apabila ditampilkan semua.

Lalu, apa saja yang menjadi pembeda antara uang kertas rupiah emisi lama dengan emisi 2022? Simak informasinya pada slide di atas.(Diskominfo / BankIndonesia / Rism / fa2 / IKP1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *