GAGRAK MAGETAN, PELESTARI SENI REYOG DARI MAGETAN

GAGRAK MAGETAN, PELESTARI SENI REYOG DARI MAGETAN
.
Sahabat Prokopim…Seni Reyog saat ini menjadi identitas nasional. Tidak heran jika kesenian tersebut berkembang luas tidak hanya di Ponorogo saja sebagai barometernya, namun telah meluas di berbagai daerah. Di Magetan kesenian tersebut juga turut berkembang pesat seiring munculnya sanggar seni Reyog.
.
Komunitas Reyog Gagrak Magetan adalah salah satu dari sekian banyak pelestari seni reyog di Magetan. Beberapa waktu lalu komunitas tersebut tampil di ajang Festival Reyog Nasional 2022 dalam rangka Grebeg Suro Ponorogo.
.
Selasa malam, (9/8/2022) Bupati Suprawoto duduk bersama dengan Komunitas Reyog Gagrak Magetan, kepala OPD terkait serta para pelaku seni dalam acara Sambung Rasa di Desa Sambirobyong, Sidorejo.
.
Penasehat Gagrak Magetan, Sukarna menyampaikan di Magetan sebenarnya ada puluhan komunitas dan sanggar seni Reyog. Sebuah kebanggaan bisa berpartisipasi dalam Festival Reyog Nasional 2022 dan mendapatkan nominasi 10 besar pelestari Reyog. Sukarna berharap dukungan dari Pemkab Magetan agar komunitas reyog di Magetan makin berkembang dan berprestasi.
.
Bupati Suprawoto mengungkapkan rasa bangga atas dedikasi komunitas Gagrak Magetan yang telah melestarikan seni Reyog. Kesenian harus disesuaikan dengan perkembangan jaman, kreasi dan inovasi tanpa meninggalkan pakem serta substansi di dalamnya. Sehingga seni tersebut disukai oleh anak-anak jaman sekarang dan tetap eksis di era modern.
” Kita ditakdirkan menjadi orang Jawa, sehingga kewajiban kita untuk melestarikan budaya Jawa,” pesan Bupati Suprawoto.
.
Bupati menyarankan agar Gagrak Magetan berinovasi dengan menampilkan cirinya sendiri. Ciri tersebut menjadi nilai lebih dan pembeda dengan yang lain. (Prokopim/dj/dok.be/KD1).

Repost: @prokopimmagetan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *