Dalam ajang MotoGP Mandalika 2022, pemerintah turut mempromosikan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah/Industri Kecil Menengah (UMKM/IKM) Indonesia kepada para pembalap dunia. Produk-produk tersebut dikemas dalam bentuk cendera mata berupa rempah atau bumbu/bahan masakan serta rempah seduh yang merupakan minuman khas Indonesia. Dalam momentum ini, Presiden Jokowi secara simbolis menyerahkan langsung cendera mata tersebut kepada para pembalap yang berlaga dalam MotoGP Mandalika.
Cendera mata unik ini, merupakan bentuk dukungan dari para pelaku usaha bumbu dan kuliner Indonesia di bawah koordinasi Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (GAPMMI). Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, pada infopublik.id, Minggu (20/3/2022).
Melalui program ‘Indonesia Spice Up The World’, GAPMMI telah menjadi mitra Pemerintah dalam mengangkat kuliner Indonesia. Program tersebut merupakan sebuah program kolaboratif dari kementerian/lembaga untuk mempromosikan kuliner Indonesia kepada dunia.
Menko Luhut juga menyatakan bahwa, diharapkan upaya-upaya yang dilakukan dapat memacu pengembangan jaringan restoran Indonesia di luar negeri yang merupakan bagian dari pengenalan budaya kuliner dari Indonesia ke seluruh mancanegara. Dengan begitu, peningkatan kontribusi dan nilai tambah bagi sub sektor kuliner dapat mendukung tumbuhnya perekonomian nasional.(Diskominfo/sumber: infopublik.id / pub.wd / dok: infopublik /IKP1)