Bumdes Jambangan Bangun Marketplace Desa PasarBujangan.Com

DISKOMINFO, Magetan – Ide cemerlang dilakukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Karya Maju, Desa Jambangan, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan.

Bumdes Karya Maju membangun marketplace desa dengan brand www.pasarbujangan.com. Ini merupakan pasar online untuk memasarkan produk-produk masyarakat Jambangan di dunia maya.

“Awal bulan Maret ini, kami rintis pembangunan portal website-nya. Ini masih tahap pembenahan fitur-fiturnya,” ujar ketua Bumdes Karya Maju, Cahyo Susilo, Selasa (15/03/2022).

Inspirasi marketplace desa ini bermula dari banyak produk UMKM di Jambangan. Mulai dari makanan, minuman, aneka kue, perkebunan dan kuliner.

Menurut dia, selama ini, model promo di desa ini masih lebih banyak dari mulut ke mulut. Sebagian ada yang memanfaatkan medsos. “Nah, kami fasilitasi dengan marketplace desa sebagai wahana promo produk desa,” terang Cahyo yang didampingi Erica Chandra, bendahara Bumdes Karya Maju.

Dari situlah, Cahyo terbesit membuat portal jual beli online selayaknya Shopee, Bukalapak atau Tokopedia, yang khusus untuk UMKM Jambangan dan Magetan.

Dalam tampilan website www.pasarbujangan.com tersebut, ada tutorial belanja di marketplace desa milik Bumdes Karya Maju tersebut. Kemudian, ada info produk, info kemitraan, dan info usaha.

Cahyo dan Erica berharap, portal yang dikembangkan Bumdes Karya Maju ini, kelak tumbuh dan bisa berkembang pesat. Saat ini, sedang dipersiapkan sistem pembayaran online atau lazim disebut payment gate way.

“Bagi kami, ini investasi jangka panjang. Diharapkan bisa tumbuh dan mampu mewadahi UMKM desa dan UMKM se Magetan. Mimpi kami, www.pasarbujangan.com ini, bisa jadi portal jual beli jujukan di Magetan,” cita-cita Cahyo.(Diskominfo/kontrib.rif/fa2/IKP1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *