Literasi Media dan Workshop Public Speaking JKF 2019

Magetan- Hari ke-3 Jatim Kominfo Festival 2019 pagi ini menggelar Literasi Media dan Workshop Public Speaking bertempat di Gor Ki Mageti pada hari Rabu (3/10/2019). Literasi adalah kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi pencitraan media. Literasi media muncul dan mulai sering dibicarakan karena media seringkali dianggap sumber kebenaran, dan pada sisi lain, tidak banyak yang tahu bahwa media memiliki kekuasaan secara intelektual di tengah publik dan menjadi medium untuk pihak yang berkepentingan untuk memonopoli makna yang akan dilempar ke publik.

Rendahnya pengetahuan literasi media sosial dalam masyarakat pada zaman digital ini menjadi salah satu alasan terbesar pengunaan media sosial lebih  ke Hal- hal yang bersifat negatif ketimbang ke Hal-hal yang bersifat positif.  Masyarakat pada dasarnya merupakan "sasaran" media massa, oleh karena itu masyarakat harus peka dan memiliki tingkat pemahaman yang baik terhadap pemberitaan media. Karena dengan melalui media literasi membuat masyarakat menjadi kritis, peka terhadap informasi media massa, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas masyarakat itu sendiri.

 Melalui media literasi masyarakat dapat meningkatkannya dengan menggunakan informasi yang sesuai dengan kebutuhannya berdasarkan referensi yang ada, informasi yang ada dapat dijawab oleh individu sebagai anggota masyarakat itu sendiri. 

Sedangkan Public Speaking adalah suatu bentuk komunikasi kepada sekelompok orang didepan umum yang bertujuan untuk memberikan informasi, mempengaruhi atau menghibur. Public speaking dapat digunakan untuk berbagai tujuan komunikasi, diantaranya membujuk (persuade), memberikan informasi (inform), dan bahkan sampai bisa dipergunakan untuk memberikan hiburan (to entertained).

Dalam public speaking, pendengar (audience) lebih sering memperhatikan kepada ekspresi dan bahasa tubuh (55%), baru kemudian tekanan suara atau teknik vocal (38%), dibandingkan dengan apa yang anda ucapkan atau verbal yang hanya mencapai 7%. Ini menunjukkan pentingnya bagaimana cara seorang public speaker dalam menyampaikan, meskipun materi yang akan disampaikan juga sebenarnya tidak kalah pentingnya.

  • Literasi Media dan Workshop Public Speaking JKF 2019