Kirap Nayoko Projo Andum Berkah Bolu Rahayu Kabupaten Magetan

Magetan-Ratusan warga Kabupaten Magetan berebut kue bolu dalam acara Kirap Nayoko Projo Andum Berkah Bolu Rahayu yang digelar pemerintah Kabupaten Magetan dalam rangka pergantian tahun baru jawa 1953 saka 1441 H.

 Ribuan masyarakat Magetan terlihat antusias memperebutkan kue khas Magetan yang disusun menjadi berbagai bentuk seperti gunungan, lesung, bedug, yang disertai gunungan yang dibuat dari hasil kebun pertanian. Sebagian warga bahkan rela bedesak-desakan agar mendapat bagian kue bolu dengan harapan tahun ini merupaan tahun berkah bagi mereka. 

Dalam acara tersebut kue bolu diarak oleh kereta kencana Bupati Magetan Suprawoto beserta istri, disusul dengan kereta kencana Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti beserta suami, di belakangnya berjajar barisan kereta kencana segenap jajaran Forkopimda dan segenap pimpinan OPD Kab. Magetan dengan busana lengkap Khas Gondokusuman. •

Prosesi Kirab Naroyo Projo diberangkatkan dengan route start dari Pendopo Surya Graha, menuju Jembatan Gandong I-Jl. A Yani-Jl. Bangka-Jl. MT Haryono-Jl. Yos Sudarso-Jl. PB Sudirman-Jl. Pahlawan-Jl. Yosonegoro dan finish di Halaman GOR Ki Mageti. 

 Kirap Nayoko Projo sendiri memiliki makna pengejawantahan dari manunggaling kawulo gusti, dimana melalaui kirap tersebut bisa digambarkan sebagai bentuk dari pemegang tampuk pimpinan di Kabupaten Magetan yang sedang melakukan tilik kawulo atau menyambangi masyarakatnya. Sedangkan Andum Berkah Bolu Rahayu merupakan kegiatan rutin tahunan yang harus dilestarikan dari tahun ke tahun. Hal ini merupakan even lokal yang diharapkan kedepan bisa menjadi even nasional. #dispardbudmagetan #kirabnayokoprojo #andumberkahbolurahayu #magetansmart #magetanterdepan #kominfomagetan

  • Kirap Nayoko Projo Andum Berkah Bolu Rahayu Kabupaten Magetan
  • Kirap Nayoko Projo Andum Berkah Bolu Rahayu Kabupaten Magetan
  • Kirap Nayoko Projo Andum Berkah Bolu Rahayu Kabupaten Magetan
  • Kirap Nayoko Projo Andum Berkah Bolu Rahayu Kabupaten Magetan