KEMBANGKAN SENI BUDAYA TRADISI LEDHUG SURO

Magetan- KEMBANGKAN SENI BUDAYA TRADISI LEDHUG SURO Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Magetan sebagai leading sector penyelenggara ‘Festival Ledhug 2019’ bertempat di GOR Ki Mageti di hadiri oleh segenap pimpinan OPD Kabupaten Magetan, 3 Dewanjuri dari ISI Jogja, ISI Solo & STKW Surabaya dan warga masyarakat sekitar pada hari Kamis (5/9/2019). 

Festival Seni Ledhug adalah suatu event yang menampilkan seni lesung dan bedug, makna ledug adalah Lesung Suro dan Bedug Muharram, merupakan agenda rutin setiap tahun untuk meyambut dan merayakan tahun baru jawa dan tahun baru islam. Ledhug merupakan perpaduan budaya tradisi jawa dan budaya islami.

Selain itu kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan jiwa seni dikalangan anak muda, sehingga di era milinial saat ini kesenian Ledhug tidak tergilas seiring dengan perkembangan zaman. 

Rahmad Edy selaku Asisten Administrasi dan Umum pada kesempatan kali ini mewakili Bupati Magetan berpersan bahwa nilai luhur budaya Kab. Magetan berupa Ledhug, Kirab Nayoko Projo & Andum Berkah Bolu Rahayu senantiasa kita lestarikan dan kmbangkan demi budaya Indonesia, kepada generasi muda kenali dan cintai budaya dan tradisi Magetan agar tidak hilang jati diri, terus tingkatkan dari segi kualiatas & kwantitas untuk tahun depan agar event tersebut masuk dalam event regional daerah.

Plh. Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Venly Tomi Nicolas memaprkan dari maksud & tujuan festival tersebut untuk melestarikan dan mengembangnakan ledhug sebagai budaya tradisional yang berbudi luhur. Festival ledhug ini diselengarakan terangkai dengan acara Kirab Nayoko Projo & Andum Berkah Bolu Rahayu yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu nanti tanggal 7 September 2019.

Dengan mengambil tema 'Kembangkan Seni Budaya Tradisi' Festival Ledhug 2019 diikuti oleh 14 sanggar seni di Kabupaten Magetan ; 1. Sanggar Elwasaly, 2. Sanggar Fisahab, 3. Sanggar Sentaka Nada, 4. Sanggar Luk-Luk, 5. Sanggar Seni An-Nafi, 6. Sanggar WSI, 7. Sanggar KSJ, 8. Sanggar Ki Ageng Selo, 9. Sanggar STG, 10. Sanggar Krida, 11. Sanggar Paradipta, 12. Sanggar Sampur Kuning, 13. Sanggar Why N Friends, 14. Sanggar Probo Sumuar.

  • KEMBANGKAN SENI BUDAYA TRADISI LEDHUG SURO
  • KEMBANGKAN SENI BUDAYA TRADISI LEDHUG SURO