Rapat koordinasi bencana KARHUTLA (Kebakaran Lahan dan Hutan ) Kabupaten Magetan

Magetan-Rapat koordinasi bencana KARHUTLA (Kebakaran Lahan dan Hutan ) yang diselenggarakan oleh BPBD Kab. Magetan.

Rapat tersebut dihadiri oleh Bupati Magetan, Forkopimda, Sekretaris Daerah Magetan dan seluruh kepala OPD di Magetan.

Acara ini diselenggarakan di gedung Ki Mageti pada hari Rabu 14 Agustus 2019.

Bupati Magetan Dr.Drs. Suprawoto,SH.M.Si menyampaikan bahwa kita harus menekan jangan sampai ada korban jiwa dalam bencana ini. Kebakaran ada dua yaitu ulah sendiri dan alami dari alam, pertama ulah kita sndiri,kalau di Magetan itu yang terjadi kebakaran biasanya di Gunung Lawu dan Kecamatan Parang karena sering mengalami kekeringan, maka dari itu ini tanggung jawab bersama agar bencana ini tidak terjadi, pohon-pohon harus diselamatkan karena lahan-lahan mulai menyempit untuk daerah permukiman warga. Karena kalau sudah terjadi kebakaran sangat merugikan kita karna dampak kerugian sangat besar. Oleh sebab itu semua unsur yang tergabung dari satgas penanggulangan kebakaran ada di SK, semoga bisa bekerja semaksimal mungkin.

Ia juga meminta daerah yang rawan bencana selalu disiagakan personil penanggulangan bencana dan kalau bisa orang yang berdomisili di dekat lokasi. Kejadian bencana dimanapun bagaimanapun pasti terjadi, tambahnya. Bupati menghimbau harus ada sosialisasi bencana untuk masyarakat, seperti di sekolah-sekolah yang rawan bencana yang bagaimana cara untuk menangani bencana tersebut. Bahwa kebakaran hutan dan bencana yang lain seharusnya kita bisa mencegahnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Magetan Drs.Bambang Trianto.MM menyampaikan, meneruskan surat BPBD Provinsi Jawa Timur yang disambungkan dari BMKG, yang menuntut kita untuk waspada tentang kebakaran hutan dan kekeringan di Magetan mengalami krisis air bersih dan gagal panen, kemarau yang panjang akan berdampak kebakaran hutan dan lahan.

  •  KARHUTLA
  •  KARHUTLA