MUSRENBANG KECAMATAN BARAT DALAM RANGKA MENYUSUN RKPD TAHUN 2020

Magetan – Penyusunan RKPD Kecamatan Barat Tahun 2020 yang diadakan di Kantor Desa Jonggrang yang dihadiri oleh Dr. Drs. Suprawoto, SH, M.Si Bupati Kabupaten Magetan, Yok Sudarwaji Camat Barat, Forkopimda Magetan, dan seluruh kepala desa dan lurah sekecamatan Barat, pada hari Selasa (12/2/2019).

Musrenbang tingkat kecamatan merupakan tempat untuk menampung usul, ide, gagasan dari masyarakat yang nantinya akan dihimpun dalam agenda musrenbang tingkat Kabupaten. Pemerintah Kabupaten Magetan kembali menyediakan Pagu Indikatif Kecamatan (PIK) anggaran kusus dari APBD kabupaten untuk mengakomodir usulan kegiatan hasil dari musrenbang kecamatan sebesar minimal Tujuh puluh Lima Juta Rupiah (Rp.75.000.000) dikalikan jumlah desa dan kelurahan dalam satu kecamatan. Dengan adanya kesempatan ini diharapkan agar di manfaatkan sebaik-baiknya oleh desa dan kelurahan.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Magetan 2018-2023 yang sekarang dalam proses pembahasan dan finalisasi dengan DPRD Magetan diharapkan harus tepat sasaran dan benar-benar seperti yang sudah direncanakan menjadi keputusan bersama.

Dalam kesempatan ini Yok Sudarwaji Camat Barat memaparkan perihal yang sudah dilakukan yaitu, Pengkondisian Tempat pembuangan sampah (TPS) yang diletakkan pada setiap sudut jalan agar warga sekitar Kecamatan Barat sadar akan kebersihan untuk membuang sampah pada tempatnya dan program bedah rumah tidak layak huni pada 1 rumah warga lansia suami istri di Desa Rejomulyo yang 70% sedang dalam proses pembangunan.

Camat Barat juga berharapkan agar pemerintah menyediakan gedung olah raga yang bisa memfasilitasi masyarakat sekitar Kecamatan Barat dan adanya Ruang terbuka hijau serta Pembangunan pasar burung dan unggas sebagai tempat pemberdayaan burung di Kawasan Kecamatan Barat dan sebagai fasilitas masyarakat yang mayoritas sebagai peternak burung. (Yus)

  • MUSRENBANG KECAMATAN BARAT DALAM RANGKA MENYUSUN RKPD TAHUN 2020