DINAS KOMINFO PROVINSI JATIM GELAR RAKOR PEKAN KIM X TH 2019

Beritatrends, Ngawi – Rapat Koordinasi Jatim Kominfo Festifal 2019 Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ke X  kembali digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan 9 kali pekan KIM, dan pada tanggal  1-4 Oktober  2019  Nanti merupakan  yang ke-X kali, yang akan di selenggarakan di Kab Magetan.

Tampak hadir  Sekretaris Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur Ibu Dra Aju mustika dewi  MM dan Kepala Dinas Kominfo Kab Magetan  yang berketempatan Pekan KIM tersebut.yang di wakili oleh Drs Sigit Sukamto . dan di ikuti semua Kepala Dinas Kominfo Kabupaten se Jatim beserta perwakilan  ( KIM ) se Jatim.

Pekan KIM merupakan ajang mempererat jalinan koordinasi, sinergi, dan evaluasi pembangunan bidang komunikasi dan informasi. Sebagai lembaga yang berurusan dengan informasi, KIM selama ini yang juga berurusan ekonomi dengan produk unggulan seperti kerajinan, pertanian, usaha kecil dan sejenisnya. Pekan KIM yang seolah menjadi ajang memamerkan produk unggulan dari kelompok- kelompok KIM di seluruh Jatim akan memperkenalkan produk- produk unggulan di Jawa Timur .

Menurut Kepala Dinas Kominfo Kab Ngawi Ir Prasetyo Harri Adi  yang juga  hadir pada Rapat Koordinasi menjelaskan   niat pertama pembentukan KIM di Kab Ngawi adalah  mengangkat produk unggulan di kab Ngawi yang arah geraknya disesuaikan dengan kelompok tani, pengusaha kecil dan berbagai kelompok masyarakat produktif lainnya yang tergabung dalam wadah KIM agar dapat di perkenalkan melalui media sosial dan media elektronika lainya.

Sebagai turunan dari peraturan menteri, Kementerian Kominfo RI juga menerbitkan pedoman pengembangan KIM yang menyebutkan bahwa kegiatan KIM adalah pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu juga ditegaskan bahwa KIM bertugas, 1. Mewujudkan masyarakat yang aktif, peka dan memahami informasi, 2. Memberdayakan masyarakat dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat, 3. Mewujudkan jaringan informasi dan media komunikasi dua arah, 4. Menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya.

Dari tugas-tugas itu, diharapkan KIM mampu menjalankan fungsi dengan benar yaitu sebagai wahana informasi, mitra dialog pemerintah, sarana peningkatan literasi informasi, media massa dan teknologi informasi, serta lembaga yang memiliki nilai ekonomi.

“Dengan begitu jelas bahwa peran KIM lebih pada pemberdayaan informasi daripada ekonomi,” terangnya.

Dijelaskan juga, fungsi ekonomi KIM semata-mata hanya untuk menghidupkan keorganisasian KIM, karena di era reformasi KIM lebih dituntut kreatif dan mandiri serta berinovasi.

Selain tiu, di era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, KIM harus berbasis TIK. “Kami sekarang sudah mewajibkan setiap KIM memiliki blog sebagai media komunikasi KIM di dunia maya selain media komunikasi manual lainnya,” katanya.

Pekan KIM 2019 nanti di Magetan  Setiap gerai KIM diharapkan lebih didominasi produk informasi publik ,media online ,media sosial , smart TV  dan produk – produk  dari ekonomi kreatif yang selama ini lebih banyak menghiasi Pekan KIM sebelumnya. ( KIM ) harno wo.